Jumat, 25 Oktober 2013

Impian Tentang KPA

Saya ingin KPA (Komunitas Pembelajar Al-Qurãn) ini menjadi sebuah sarana untuk menampung umat Islam Indonesia (dan dunia, kalau bisa), tanpa peduli mereka dari aliran apa pun, selagi mereka mengakui Al-Qurãn sebagai kitab Allah, yang diturunkan justru untuk menghimpun mereka, mempersatukan mereka, mempersaudarakan mereka, membuat mereka jadi satu umat yang bagaikan satu bangunan yang tersusun rapi dan kokoh (Bun-yãnun Marshûsh).

Untuk itu, pertama-tama yang bisa saya lakukan hanyalah mengajak mereka bergabung dalam wadah atau forum yang bersifat darurat ini (berupa sebuah blog).
Melalui forum ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang Al-Qurãn, dan bahan-bahan (tulisan) lain yang berhubungan, yang bila dipelajari dengan baik, maka secara perlahan tapi pasti akan semakin menambah kecintaan kita terhadap Al-Qurãn.

Lebih jauh, saya ingin wadah ini tumbuh menjadi sesuatu yang lebih berarti, lebih memberi banyak manfaat bagi pembinaan umat Islam Indonesia, menjadi satu umat yang cinta Al-Qurãn, berkualitas tinggi, dan berwawasan luas.

Saya membayangkan kelak – dengan bantuan saudara-saudara sekalian – kita mempunyai sebuah sekretariat yang besar di tingkat pusat, tempat semua kader, dengan aneka pengetahuan dan keahlian, berhimpun menyumbangkan ilmu dan tenaga mereka, demi kepentingan pembelajaran Al-Qurãn. Dan selanjutnya, di setiap wilayah, kita mempunyai kantor-kantor cabang…

Ya, saya tahu ini hanya lamunan.

Tapi, bila lamunan ini tidak menyalahi amanah Allah, untuk menyebarkan ilmuNya, saya tidak malu mengajak Anda untuk medukung dan membantu dengan berbagai cara yang bisa Anda lakukan.

Bahkan saya selalu ingin mengatakan, "Bila ini adalah arus zaman, yang ditandai dengan semakin pedulinya orang terhadap Al-Qurãn, dan optimis bahwa Islam adalah agama masa depan, maka jangan sampai Anda tidak ikut menjadi salah satu penggeraknya!"∆

Tidak ada komentar: